Monday, February 27, 2012

cara menyetel tegangan accu mobil


  •    pada umumnya mobil kluaran lama atau jadul sistem pengisian nya masih menggunakan cut out untuk meregulasi tegangan agar tegangan pd accu tetap stabil.. dan mampu untuk memutar dinamo starter saat menghidupkan mesin.. bukan itu saja pada saat mobil hidup alternator harus mampu mensuplai tegangan yg di butuhkan oleh sistem kelistrikan yg ada pada mobil tersebut..dalam hal ini alternator harus benar bagus, minimum tegangan saat mobil hidup dan pada saat beban penuh adalah 12.5v (beban penuh artinya semua kelistrikan yang ada pada mobil dalam kondisi hidup smua temasuk AC, LAMPU KEPALA DLL)

cara nya biar lebih akurat pakai avometer digital sepeti di bawah ini:


saat pengecekan hubungkan avo meter ke positif dan negatif accu gunakan kalibrasi yang 20 volt DC biar lebih akurat, setelah avo terpasang hidupkan mobil pehatikan tegangan yang terbaca oleh ava meter,, kemudian hidup kan smua kelistrikan yang ada,stelah itu naikan gas (buka trotle) diatas 3000rpm, minimum tegangan harus 12,50volt baru mantap (bagus).. turun dikit juga tidak masalah yang penting jangan di bawah 12v dan maksimal 14v-14,50v, jika tegangan kurang dari 12v atau melebihi 15V, cobalah lakukan penyetelan cut out, disana ada 2 kumparan kasar dan halus, kumparan kasar untuk lampu indikator (CIG), dan untuk penyetelan tegangan pilih kumparan yang halus gunakan tang cucut untuk merubah posisi lidah yang ada di kepala kumparan,, perhatikan tegangan yang terbaca pada avo meter, lakukan sampai tegangan masuk toleransi yang di perbolehkan atau yang saya sebut kan tadi..!!!

 perhatikan gambar di bawah ini :


NB: jika tegangan tidak berubah naik atau turun kemungkinan alternator dalam kondisi tidak bagus, segera lakukan perbaikan.

sekian tip dari saya semoga bermanfaat dalam postingan berikutnya akan saya bahas gimana caranya mengetahuai secara manual (tanpa alat) sistem pengisian berfungsi atau tidak atau tidak
 terima kasih atas kunjungan nya,, jangan lupa komentar nya yooo.....!!


6 comments :

  1. Bagus banget Gan, terima kasih infonya sangat bermanfaat sekali terutama bagi yang awam seperti saya.

    Sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. okey gan,, ane cuma bagi bagi ilmu... itu berdasarkan pengalaman saya di lapangan mudah mudahan bisa membantu
      terima kasih juga telah mampir ke blog aku..

      Delete
  2. ini ilmu betmanfaat gan.....atur nuhun

    ReplyDelete
  3. makasih gan infonya.. sangat membantu buat saya...

    ReplyDelete
  4. Ini artikel yg saya butuhkan saat ini,suwun.

    ReplyDelete