Follow by Email

Saturday, March 3, 2012

cara cek pengisian accu tanpa alat

ACCU MOBIL ANDA SERING DROP/SOAK...!!!
jangan ganti accu dulu ikuti tip dibawah ini:

mungkin pengisian atau suplay tegangan pada mobil anda sedang mengalami masalah.. untuk memastikan ada tip buat anda yang masih awam
  • setelah saya bahas cara menyetel pengisian pada accu, sekarang saya akan bahas gmn cara nya mengetahui pengisian accu pada mobil.. cara ini sangat sederhana dan keakuratanya sampai 99%,, biasanya sih kalau pengisian tidak bekerja lampu indikator CIG nyala saat mobil sedang hidup.. atau bahasa awam nya lampu gambar accu yang ada pada spido meter.. jika pengisian normal lampu indikator akan mati jika mobil hidup dan lampu indikator nyala saat mobil dalam keadaan kunci kontak posisi  'ON' ga ada salahnya kita cek biar lebih pasti siapa tau bohlamp indikatornya putus, jadi ga nyala alias mati.. hehee... lihat gambar nya tuh... kalau kurang jelas lihat di mobil anda masing-masing maklum gambar nya dapat mungut. atau nyuri. wkwwkk....
oke langsung aja ke sasaran...!!

  1. hidupkan mesin mobil
  2. saat mobil hidup lepas negatif (-) accu.. jangan takut ke strummm.. karena tegangan DC tidak akan nyetrum (nyengat) bila di pegang jadi aman buat balita dan anda sendiri.. asal jangan air accu nya yg di pegang di jamin langsung gatal-gatal,,,,  lihat gambar
  
jika pada waktu klem accu di lepas dan mobil tiba-tiba.. mati maka pengisian accu mobil anda tidak bekerja, begitu pula sebaliknya.. coba cek  v belt alternator (bahasa gaul nya tali kipas) ,,stel ulang jika terlalu kendor biasanya kalau terlalu kendor,, dan biasanya jika kendor ada bunyi mendecit saat mobil hidup agar lebih pasti, lakukan penyetalan ulang,,,!! kendorkan baut pengikat,, atas dan bawah,,  perhatikan tanda panah pd gambar di samping.. dan cara menyetel ungkit alternator menggunakan pipa atau apalah yang penting bisa buat mengungkit., jangan terlalu kencang supaya bearing (klaker) nya lebih awet.. jika sudah kencangkan kembali baut pengikat nya,,
sekarang coba hidupkan kembali mobil dan ulangi langkah no 2,,,  jika masin masih mati saat klem aki di lepas berarti alernator mengalami masalah dan harus di lakukan perbaikan...
dengan demikian anda sudah bisa menyimpulkan sendiri mana yang bermasalah..

sekian tip dari saya semoga bermanfaat salam refy kuya... hahhaahaa....
untuk keluhan mobil,, anda bs komen di bawah..

7 comments :

  1. Mantap bro. Thanks tip nya..

    ReplyDelete
  2. tip yg bermanfaat, thank a lot ...

    ReplyDelete
  3. bagi bagi ilmu ga ada salahnya..
    thanks smuanya ya.. mampir ke blog aku...

    ReplyDelete
  4. tegangan dc bisa lebih bahaya nyetrumnya...coba aja pegang aki 12 V diseri 4, berani gak..kalo gak kesetrum! jangan menyesatkan bikin tips!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga bos,, itu cuma teggangan kecil 12v,, ga bakal kesetrum kecuali tangan dan alas kaki basah itu pun cuma nyengat dikit,, kcuali teggangan dc sampai 500v,, di jamin tangan sapean lengket jika di pegang,, saya sering ngerjain mobil golf 48v dc dan 36v DC, pakai aki 6 dan 8 diseri,, buktinya aman aman saja bos..kl ga percaya buktikan sendri,, cari mobil golf trs pegang bersamaan plus dan minus baterainya asalkan tangan dan alas kaki anda kering ga bakal kestrum,,

      Delete