Saturday, March 3, 2012

cara cek pengisian accu tanpa alat

ACCU MOBIL ANDA SERING DROP/SOAK...!!!
jangan ganti accu dulu ikuti tip dibawah ini:

sering terjadi kasus pengisian atau suplay tegangan pada mobil anda sedang mengalami masalah.. akibatnya mobil anda mati dijalan.. gejala yg sering muncul adalah ac mulai tidak dingin,, lampu tiba2 redup.. tarikan mobil jadi loyo dan brebeeett... dan mati tiba2,, kemudian bila di start ulang cuma bunyi cekleeek cekleeeek.. atau dinamo starter tidak ada respon sama sekali... untuk memastikan ada tip buat anda yang masih awam,, ini berdasarkan pengalaman saya sebagai teknisi
  • setelah saya bahas cara menyetel pengisian pada accu, sekarang saya akan bahas gmn cara nya mengetahui pengisian accu pada mobil.. cara ini sangat sederhana dan keakuratanya sampai 99%,, biasanya sih kalau pengisian tidak bekerja lampu indikator CIG nyala saat mobil sedang hidup.. atau bahasa awam nya lampu gambar accu yang ada pada spido meter.. jika pengisian normal lampu indikator akan mati jika mobil hidup dan lampu indikator nyala saat mobil dalam keadaan kunci kontak posisi  'ON' ga ada salahnya kita cek biar lebih pasti siapa tau bohlamp indikatornya putus, jadi ga nyala alias mati.. hehee... lihat gambar nya tuh... kalau kurang jelas lihat di mobil anda masing-masing maklum gambar nya dapat mungut. atau nyuri. wkwwkk....
oke langsung aja ke sasaran...!!

  1. hidupkan mesin mobil
  2. saat mobil hidup lepas negatif (-) accu.. jangan takut ke strummm.. karena tegangan DC tidak akan nyetrum (nyengat) bila di pegang jadi aman buat balita dan anda sendiri.. asal jangan air accu nya yg di pegang di jamin langsung gatal-gatal,,,,  lihat gambar
  
jika pada waktu klem accu di lepas dan mobil tiba-tiba.. mati maka pengisian accu mobil anda tidak bekerja, begitu pula sebaliknya.. coba cek  v belt alternator (bahasa gaul nya tali kipas) ,,stel ulang jika terlalu kendor jika terlalu kendor bisa menyebabkan suplai tegangan kurang bagus,, dan biasanya jika kendor ada bunyi mendecit saat mobil hidup agar lebih pasti, lakukan penyetalan ulang,,,!! kendorkan baut pengikat,, atas dan bawah,,  perhatikan tanda panah pd gambar di samping.. dan cara menyetel ungkit alternator menggunakan pipa atau apalah yang penting bisa buat mengungkit., jangan terlalu kencang supaya bearing (klaker) nya lebih awet.. jika sudah kencangkan kembali baut pengikat nya,,
sekarang coba hidupkan kembali mobil dan ulangi langkah no 2,,,  jika masin masih mati saat klem aki di lepas berarti alernator mengalami masalah dan harus di lakukan perbaikan... jika anda berani buka silahkan coba
solusinya
1.cek di bagian carbon brush nya,, biasanya sudah habis terkikis ganti dengan yg baru harganya murah tidak sampai 50rb
jika carbon brush masih bagus lanjutkan pemeriksaan
2.cek gulungan dan anker,, kl gosong atau terbakar ganti baru atau di lilit ulang .. biasanya bau angit dan jika di lihat kasat mata pada lilitan (gulungan) terlihat nglupas.. kl urusan ini serahkan pada yg berwajib..!! bawa ketukang dinamo terdekat.. umumnya biaya gulung ulang 250rb-350 tergantung kerusakan
3.jika mobil  anda tidak menggunakan cut out.. kemungkinan bisa IC nya yg rusak solusinya harus diganti baru karna tidak bisa di perbaiki.. harganya agak mahal kisaran 300rb-700rb tergantung tipe dan jenis alternatornya

dengan demikian anda sudah bisa menyimpulkan sendiri mana yang bermasalah.. accu atau pengisiannya?

sekian tip dari saya semoga bermanfaat salam refy kuya... hahhaahaa....
untuk keluhan mobil,, anda bs komen di bawah..

7 comments :

  1. Mantap bro. Thanks tip nya..

    ReplyDelete
  2. makasihh..brow..share ilmu nya.....

    ReplyDelete
  3. tip yg bermanfaat, thank a lot ...

    ReplyDelete
  4. bagi bagi ilmu ga ada salahnya..
    thanks smuanya ya.. mampir ke blog aku...

    ReplyDelete
  5. tegangan dc bisa lebih bahaya nyetrumnya...coba aja pegang aki 12 V diseri 4, berani gak..kalo gak kesetrum! jangan menyesatkan bikin tips!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga bos,, itu cuma teggangan kecil 12v,, ga bakal kesetrum kecuali tangan dan alas kaki basah itu pun cuma nyengat dikit,, kcuali teggangan dc sampai 500v,, di jamin tangan sapean lengket jika di pegang,, saya sering ngerjain mobil golf 48v dc dan 36v DC, pakai aki 6 dan 8 diseri,, buktinya aman aman saja bos..kl ga percaya buktikan sendri,, cari mobil golf trs pegang bersamaan plus dan minus baterainya asalkan tangan dan alas kaki anda kering ga bakal kestrum,,

      Delete